| |

Peternakan Sapiku

Mooooooo, mooooo……

Foto 1 Foto 2

Wah suara binatang apa ya itu? Sapi, Bu. Sahutku dan teman-teman menjawab pertanyaan ibu guru. Kali ini aku dan teman-teman TK Kristen Petra 10 belajar tentang binatang ternak yaitu sapi. Sapi adalah hewan pemakan rumput dan biasanya dipelihara di peternakan. Sapi sangat bermanfaat bagi manusia. Sapi menghasilkan susu yang sehat untuk diminum, dagingnya juga bisa dimasak menjadi makanan yang enak. Selain itu sapi juga membantu pak tani untuk membajak sawah. Karena itu pak tani biasa memelihara sapi di desa. Setelah belajar tentang sapi dan manfaatnya bagi manusia, kamipun membuat tiruan peternakan dari bahan sterofoam. Pertama-tama siapkan siapkan sterofoam yang diberi cat hijau di bagian atas sebagai tanah peternakannnya. Lalu tancapkan tusuk gigi di sekelilingnya menjadi  pagar peternakan. Kalau sudah kita beri gambar sapi-sapi di peternakan. Oh ya, jangan lupa gambar gembala sapinya juga ya. Sambil membuat peternakan, kamipun menyanyi lagu “Aku Ini Si Gembala Sapi”. Kami lalu bercerita tentang peternakan sapi masing-masing.  Kalau sudah besar nanti aku akan membuat peternakan sapi dan kubuat pabrik ice cream yang enak dari susu sapi, kata seorang temanku sambil bermain dengan peternakan sapinya. Nah itu tadi kegiatan kami membuat peternakan sapi, seru kan……..  Bagaimana dengan teman-teman, mau membuat peternakan sapi juga? 

Fun Learning From A Distance

6.jpg4.jpg5.jpg1.jpg3.jpg2.jpg

Ada banyak kegiatan menyenangkan yang dilakukan oleh siswa-siswi TK Kristen Petra 10 selama belajar di rumah. Ada kegiatan menggambar, mewarnai, melalukan percobaan tentang warna, belajar tentang bulan, membuat aneka kreasi topi, berhitung, dan kegiatan rutin yang kami kerjakan di rumah seperti belajar membereskan mainan sendiri, mencuci tangan dengan cara yang benar dan masih banyak lagi yang lainnya. Walaupun belum bisa ke sekolah, tetapi kami juga tetap dapat berjumpa dan belajar bersama secara online. Senang sekali saat kami bisa melihat bu guru dan teman-teman, kangennya jadi berkurang deh. Banyak hal lho yang kami dapat selama belajar di rumah, antara lain bisa lebih dekat dengan papa mama, adik kakak, bisa saling bekerja sama dan bercerita tentang banyak hal yang seru! Nah teman-teman, mari tetap bersemangat untuk belajar ya, meskipun untuk saat ini kita masih harus belajar dari rumah, tetap menyenangkan kok. Jangan lupa untuk selalu berdoa supaya kita bisa segera kembali ke sekolah, semangat!

Jahitanku Bagus Lho!!!

“Penjahit??? Nama apa itu ya?!”
“Ada yang pernah dengar nggak??”

IMG 0516 IMG 0521

Kalau aku pernah dengar sih mama bilang kalau mau pergi ke penjahit. Tapi aku nggak tahu penjahit itu apa. Kebetulan hari Selasa, 11 Februari 2020, bu guru bercerita tentang penjahit pada kami, murid kelompok A TK Kristen Petra 10.

Ternyata.. penjahit itu adalah orang yang kerjanya menjahit pakaian seperti kaos, kemeja, celana, rok untuk laki-laki dan perempuan. Nah.. supaya bisa menjahit, penjahit menggunakan peralatan mesin jahit atau menjahit dengan tangan memakai jarum tangan. Hasil jahitannya nggak cuma berupa pakaian saja, tapi juga bisa berupa taplak meja, sapu tangan, tirai, dan masih banyak lagi, termasuk seragam sekolah yang kita pakai.

Hebat kan! Tidak semua orang bisa melakukannya lho! Aku dan teman-teman saja harus benar-benar berhati-hati ketika diajak bu guru untuk menjahit taplak meja kecil. Salah jahit, jelek deh jadinya!!

Tapi.. kalau kita mau terus mencoba dan berlatih… lama-kelamaan pasti semakin bisa menjahit dengan hasil yang bagus, seperti taplak meja jahitanku ini. Bagus kan!!!

Tetap semangat ya!!!

Semangat dalam Bertanggung Jawab

IMG 0406

Halo, teman-teman! Selamat bertemu lagi dengan kami, siswa-siswi TK Kristen Petra 10 kelompok A dan B, pada tahun yang baru ini…! Semuanya sehat, bukan? Tahun baru, semangat baru, ya…! Semangat bermain, semangat sekolah, dan semangat dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan kepada kita, baik oleh guru maupun orang tua, seperti yang disampaikan oleh ibu guru di sekolah pada hari Jumat, tanggal 24 Januari 2020.

IMG 0440

Ibu guru mengingatkan kami untuk menjadi anak yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan setiap tugas kami, baik di rumah maupun di sekolah. Contohnya seperti membantu orang tua, menaati perintah orang tua, ataupun mengerjakan tugas di sekolah dengan baik. Kami juga diajak untuk berdiskusi dalam kelompok, kira-kira apa yang harus dilakukan jika kami mendapat tugas seperti yang ada pada beberapa potongan gambar yang diberikan oleh ibu guru.

Hmmm… mengasyikkan sekali, lho...! kami bisa saling bertukar pikiran dan semakin tahu bagaimana seharusnya kami bertanggung jawab terhadap setiap tugas kami. Nah… teman-teman juga harus ingat, ya… untuk selalu bertanggung jawab menyelesaikan setiap tugas dengan baik. Semangat, yuukkk!!!

Cita-Citaku

“Jika sudah besar…aku mau jadi apa ya???”

IMG_8266-OK.jpgIMG_8086-OK.jpgIMG_7993-OK.jpgIMG_8063-OK.jpgIMG_8036-OK.jpg

Itu yang dijelaskan oleh bu guru kepada kami saat kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani di TK Kristen Petra 10 pada hari Jumat, 08 November 2019. Waktu itu kami diajak menonton video tentang cita-cita. Oh ya.. teman-teman tahu nggak apa itu cita-cita? Aku kasih tahu ya… cita-cita itu harapan yang mau kita raih ketika sudah besar nanti, seperti mau jadi guru, dokter, pilot, insinyur, atau mau jadi yang lainnya. Keren kan??! Tapi.. untuk bisa mencapainya kita nggak boleh malas-malasan. Kita harus semangat sekolah, rajin belajar, dan yang penting harus selalu rajin berdoa. Itu yang dikatakan bu guru pada kami.

Bu guru juga bertanya pada kami, kira-kira kalau sudah besar nanti, kami mau jadi apa?! Kalau sudah tahu mau jadi apa, kami diminta untuk mengenakan baju yang sesuai dengan cita-cita kami pada hari Jumat, 22 November 2019. Wah… ternyata menyenangkan sekali bisa memakai baju sesuai cita-cita. Aku pakai baju tentara lho.. dan rasanya seperti sudah jadi tentara sungguhan… bisa tembak musuh dar..der..dor….hehehe…

Nah.. teman-teman semua pasti juga punya cita-cita  kan?
Yuk… mulai sekarang kita rajin belajar dan berdoa pada Tuhan Yesus agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. 

“ Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.”

(Amsal 23:18)

boost the values reap the success