| |

Semangat dalam Bertanggung Jawab

IMG 0406

Halo, teman-teman! Selamat bertemu lagi dengan kami, siswa-siswi TK Kristen Petra 10 kelompok A dan B, pada tahun yang baru ini…! Semuanya sehat, bukan? Tahun baru, semangat baru, ya…! Semangat bermain, semangat sekolah, dan semangat dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan kepada kita, baik oleh guru maupun orang tua, seperti yang disampaikan oleh ibu guru di sekolah pada hari Jumat, tanggal 24 Januari 2020.

IMG 0440

Ibu guru mengingatkan kami untuk menjadi anak yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan setiap tugas kami, baik di rumah maupun di sekolah. Contohnya seperti membantu orang tua, menaati perintah orang tua, ataupun mengerjakan tugas di sekolah dengan baik. Kami juga diajak untuk berdiskusi dalam kelompok, kira-kira apa yang harus dilakukan jika kami mendapat tugas seperti yang ada pada beberapa potongan gambar yang diberikan oleh ibu guru.

Hmmm… mengasyikkan sekali, lho...! kami bisa saling bertukar pikiran dan semakin tahu bagaimana seharusnya kami bertanggung jawab terhadap setiap tugas kami. Nah… teman-teman juga harus ingat, ya… untuk selalu bertanggung jawab menyelesaikan setiap tugas dengan baik. Semangat, yuukkk!!!

Cita-Citaku

“Jika sudah besar…aku mau jadi apa ya???”

IMG_8266-OK.jpgIMG_8086-OK.jpgIMG_7993-OK.jpgIMG_8063-OK.jpgIMG_8036-OK.jpg

Itu yang dijelaskan oleh bu guru kepada kami saat kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani di TK Kristen Petra 10 pada hari Jumat, 08 November 2019. Waktu itu kami diajak menonton video tentang cita-cita. Oh ya.. teman-teman tahu nggak apa itu cita-cita? Aku kasih tahu ya… cita-cita itu harapan yang mau kita raih ketika sudah besar nanti, seperti mau jadi guru, dokter, pilot, insinyur, atau mau jadi yang lainnya. Keren kan??! Tapi.. untuk bisa mencapainya kita nggak boleh malas-malasan. Kita harus semangat sekolah, rajin belajar, dan yang penting harus selalu rajin berdoa. Itu yang dikatakan bu guru pada kami.

Bu guru juga bertanya pada kami, kira-kira kalau sudah besar nanti, kami mau jadi apa?! Kalau sudah tahu mau jadi apa, kami diminta untuk mengenakan baju yang sesuai dengan cita-cita kami pada hari Jumat, 22 November 2019. Wah… ternyata menyenangkan sekali bisa memakai baju sesuai cita-cita. Aku pakai baju tentara lho.. dan rasanya seperti sudah jadi tentara sungguhan… bisa tembak musuh dar..der..dor….hehehe…

Nah.. teman-teman semua pasti juga punya cita-cita  kan?
Yuk… mulai sekarang kita rajin belajar dan berdoa pada Tuhan Yesus agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. 

“ Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.”

(Amsal 23:18)

Memancing Ikan

Halo teman-teman… apa kabar???
Pasti semua sehat kan?

IMG_6760.jpgIMG_6762.jpgIMG_6761.jpgIMG_6789.jpgIMG_6792.jpg

Kami punya cerita menarik lho bersama ibu guru dan teman-teman kelompok A di TK Kristen Petra 10. Waktu itu hari Kamis, 24 Oktober 2019, bu guru mengingatkan kami kembali tentang binatang apa saja yang bisa dipelihara di rumah, salah satunya adalah ikan. Bu guru juga mengatakan kalau ikan yang kita pelihara itu harus dirawat, diberi makan, dibersihkan airnya supaya bisa tumbuh besar dan nggak gampang sakit. Yang serunya, kami diajak untuk merawat ikan yang ada di sekolah, dengan cara memberi makan ikan-ikan di sekolah. Tapi untuk memberi makan ikan itu, kami perlu membeli makanan ikan. Kami membeli makanan ikan di beberapa teman kami yang berperan sebagai penjual. Setelah mendapatkan makanan ikan,kami langsung bergantian memberi makan ikan-ikan di sekolah. Terus kami juga memancing ikan lho, dan menghitung berapa ikan yang sudah kami pancing. Seru kan!!!!

Teman-teman juga bisa lho melakukan seperti kami.

Ohya, jika teman-teman memelihara ikan atau binatang lain di rumah, jangan lupa untuk merawat dan memberi makan ya… biar bisa cepat besar!!!

Rumahku Istanaku

Selamat pagi teman-teman!  Yuk kita main tebak-tebakan...

Aku punya 5 huruf... Huruf depanku R.
Aku biasanya dipakai untuk berteduh
Aku punya banyak ruang...
Bisa untuk tidur, bisa untuk masak, bisa untuk mandi
Dan yang penting aku tempat berkumpul papa, mama dan anak-anak
Papa, mama dan anak-anak selalu memakai aku untuk tempat bermain dan bercanda
Hayo... apakah aku????
Ada yang tahu tidak??? Hmmm... aku adalah RUMAH.

 

IMG_6465.jpgIMG_6350.jpgIMG_6344.jpgIMG_6292.jpgIMG_6334.jpgIMG_6342.jpgIMG_6463.jpgIMG_6333.jpg

 

Teman-teman semua pasti punya rumah kan??? Kalau aku suka sekali dengan rumahku. Kalau selesai sekolah aku nggak sabar  ingin cepat-cepat pulang ke rumah, bertemu papa..mama..kakak..dan adik. Di dalam rumah, aku dan keluargaku nggak akan kepanasan, kedinginan dan kehujanan. Di rumah juga kami sekeluarga bisa berkumpul bersama, makan bersama, main bersama, dan tidur bersama. Asyikkan?? Coba kalau  kita nggak punya rumah... ehmm.. gimana ya rasanya.. pasti sedih.

Makanya di hari Senin, 23 September 2019, aku dan teman-teman di TK Kristen Petra 10 diingatkan untuk selalu bersyukur pada Tuhan Yesus karena memiliki rumah. Kami juga diajak untuk membuat rumah kami sendiri dari karton, melukis rumah, bahkan menyusun puzzle gambar rumah. Asyik lho... apalagi untuk bisa menyusun puzzle, kami harus berlari zig zag terlebih dahulu berusaha untuk mendapatkan potongan puzzle-nya. Hmm... sekalian olah raga. Kan.. untuk bisa membangun rumah kita sendiri, kita juga perlu sehat.... Dengan sehat badan, kita bisa rajin ke sekolah, tambah pengetahuan, tambah pintar, ketika besar bisa membuat rumah sendiri. Woow... senang sekali membangun rumahku sendiri.. Rumahku Istanaku!!

Jentik Manis Buatanku

“Wah...mudah sekali ya membuatnya!! Siapa mau coba??!!”

IMG 5596

Wow…semua teman semangat ingin mencoba. Apa kalian juga mau mencoba?!

Lho…kok diam..

Oh iya lupa… teman-teman belum tahu ya!

IMG 5486 IMG 5515

Begini nih…di hari Kamis, 15 Agustus 2019, bu guru mengajak kami semua anak kelompok A dan B TK Kristen Petra 10 membuat traditional steamed food “Jentik Manis”. Sebelumnya kami diajak menonton video tentang makanan jentik manis dan cara pembuatannya. Ternyata bahan yang digunakan nggak banyak lho dan cara membuatnya juga mudah. Makanya waktu bu guru bertanya siapa yang mau mencoba membuatnya, kami semua langsung semangat mencoba.

IMG 5551

Nah.. ini dia bahan yang kami gunakan:

       * tepung hunkwe, sagu mutiara, santan kelapa, gula dan garam *

Pertama, rebus sagu mutiara sampai matang, kemudian angkat dan dinginkan. Kedua, tepung hunkwe dicampur dengan sebagian santan. Lalu sisa santan dimasak sampai mendidih dan diberi garam. Ketiga, tepung hunkwee yang tadi dicampurkan ke dalam santan yang sedang dimasak, diberi gula dan diaduk terus. Keempat, masukkan sagu mutiara, diaduk rata hingga mendidih, lalu matikan kompornya. Kelima, tuang di loyang dan tunggu sampai dingin. Selesai deh.

IMG 5565

Mudah kan??!! Saatnya makan!!!

Nikmat sekali lho rasanya.. apalagi ditambah minum air kacang hijau… wuiihh segarrr!!

Siapa mau???!

 

boost the values reap the success