| |

Tamasya Ke Pantai !!!!

“Siap-siap.. siap-siap… hati-hati ada yang ketinggalan teman-teman. Kita mau naik pesawat nih. Horee…!!!”

image 1

Itulah yang kami, siswa kelompok A dan B TK Kristen Petra 10 rasakan saat diajak oleh bu guru tamasya ke pantai pada hari Jumat, 12 Maret 2021. Kami naik pesawat lho.. seru sekali. Dari kursi duduk di pesawat, kami bisa melihat awan yang cerah dan pemandangan di bawah. Setibanya di bandara, kami masih harus naik mobil menuju ke pantai. Untungnya hari itu jalanan tidak macet, jadi kami bisa sampai di pantai lebih cepat. Saat di pantai, kami bermain dengan bebas, ada yang bermain pasir menggunakan perlengkapan yang sudah dibawa, ada juga yang bermain bola.

image 1

Nah ini yang ditunggu-tunggu… setelah bermain kami diajak naik perahu untuk melihat pemandangan dalam air. Untuk bisa melihatnya, kami mengenakan perlengkapan snorkeling  dan…wow… ternyata pemandangan di bawah laut itu indah sekali lho!!! Ada banyak ikan beraneka warna, terumbu, dan masih banyak lagi. Sungguh menyenangkan bisa melihatnya dan rasanya ingin terus melihat pemandangan bawah laut. Kami jadi semakin bersyukur karena Tuhan Yesus sudah menciptakan pantai dengan semua keindahannya, walaupun tamasya ke pantai ini masih kami lakukan secara virtual.

Kami juga berdoa agar pandemi segera berakhir sehingga benar-benar bisa pergi ke pantai dan menikmati pemandangan bawah laut.

Tetap semangat ya teman-teman!!!

Pop-Up Card Pengingat !!!!

Halo teman-teman… apa kabar???!!! Semua sehat kan??

image 001

Kali ini kami mau bercerita tentang kegiatan siswa kelompok A TK Kristen Petra 10 pada hari Senin, 22 Februari 2021. Saat itu bu guru menunjukkan beberapa tempat rekreasi yang bisa kita kunjungi, antara lain taman bermain, pantai, dll. Nah.. untuk bisa ke tempat rekreasi tersebut, ada aturan-aturan yang harus ditaati oleh semua pengunjung, seperti membeli tiket masuk dan menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah. Ohya.. karena sekarang masih banyak virus Covid-19, ada aturan lain juga yang harus selalu kita lakukan dimanapun kita berada, seperti memakai masker (bisa juga masker dan face shield), saling menjaga jarak, sering cuci tangan, dan cek suhu tubuh. Semua itu untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan kita dapat berekreasi dengan nyaman.

image 001

image 001

Kalau kita ingin selalu sehat dan bisa berekreasi dengan nyaman, aturan-aturan tersebut harus selalu kita ingat. Itulah makanya bu guru mengajak kami membuat pop-up card pengingat. Pop-up card itu berisi gambar-gambar aturan yang harus kita taati dan lakukan setiap pergi berekreasi atau ke tempat lain.

Keren lho !!! Teman-teman juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba…

Kini Aku Tahu

Hai teman-teman, coba tebak aku sedang membuat apa ya?.......

image_003.jpgimage_005.jpgimage_004.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Betul, ini adalah kapal laut yang aku buat dari kertas origami. Hari Rabu, 13 Januari 2021 yang lalu, siswa TK Kristen Petra 10 kelompok B sedang belajar tentang kendaraan. Kendaraan adalah alat yang kita pakai untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Kendaraan ada banyak macamnya lho.. Ada kendaraan darat, air dan udara. Nah.. kali ini kami diajak untuk membuat kapal sebagai salah satu jenis kendaraan air. Kapal yang kami buat ini juga dapat mengapung di air lho... dan dengan bantuan angin, kapal kami dapat bergerak seperti kapal yang di laut. Asyik kan!!!

Ohya.…selain membuat  kapal, kami  juga  diajari  membuat  pesawat  terbang  pada  tanggal  20 Januari 2021. Teman-teman pasti tahu kan apa itu pesawat terbang. Itu lho.. salah satu jenis kendaraan yang ada di udara. Cara membuatnya sangat mudah dan yang seru bisa diterbangkan juga lho. Keren kan?! Kami sampai tidak bosan memainkannya.

Ayo.. teman-teman juga coba buat ya! Biar kita bisa bermain sama-sama.

Fun Virtual Field Trip

Let’s go to the zoom, yeayyyy …….

IMAGE_1.jpgIMAGE_2.jpgIMAGE_4.jpgIM459B1.jpgIMAGE_3.jpgIM35381.jpg

Ayo anak-anak kita bersiap-siap, itu bus nya sudah datang lho… kata bu guru dengan bersemangat. “Baik Bu” sahut para siswa tak kalah serunya. Walaupun hanya berupa “Virtual Field Trip” ke Kebun Binatang Surabaya, kegiatan yang diadakan pada Jumat 20 November 2020 ini tetap membuat para siswa TK Kristen 10 merasa gembira. Sebelum kegiatan dimulai, para siswa terlebih dahulu mempersiapkan segala keperluan yang butuhkan saat Field Trip yaitu topi, tas, tas bekal dan tidak lupa juga maskernya. Semua siswa mengikuti rangkain kegiatan yang dimulai dari persiapan berangkat di sekolah, doa bersama, dan perjalanan dengan menggunakan bus. Saat sampai di Kebun Binatang Surabaya, para siswa dijelaskan cara dan aturan saat mengunjungi Kebun Binatang. Setelah itu para siswa dapat melihat aneka satwa yang ada di sana melalui video yang diputar oleh ibu guru. Wah ternyata ada banyak binatang yang menarik ya, ada gajah, harimau, monyet, jerapah, zebra dan banyak lagi. Wah ini ikan apa ya? sahut seorang siswa saat melihat satu jenis ikan bernama “Arapaima” yang belum pernah dilihat sebelumnya. Selanjutnya, para siswa juga diajak merangkai kartu bergambar menjadi sebuah foto kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya. Saat mengikuti kegiatan terasa begitu menyenangkan sehingga tidak terasa jika sudah waktunya untuk kembali lagi ke sekolah. Rasanya berkesan sekali, dan dapat mengobati kerinduan semua siswa untuk berkunjung ke Kebun Binatang. Semua merasa sangat senang mengikuti kegiatan ini, rasanya seperti sungguhan lho. Kapan lagi ya kita mengikuti kegiatan Virtual Field Trip? It’s so fun…….

Peternakan Sapiku

Mooooooo, mooooo……

Foto 1 Foto 2

Wah suara binatang apa ya itu? Sapi, Bu. Sahutku dan teman-teman menjawab pertanyaan ibu guru. Kali ini aku dan teman-teman TK Kristen Petra 10 belajar tentang binatang ternak yaitu sapi. Sapi adalah hewan pemakan rumput dan biasanya dipelihara di peternakan. Sapi sangat bermanfaat bagi manusia. Sapi menghasilkan susu yang sehat untuk diminum, dagingnya juga bisa dimasak menjadi makanan yang enak. Selain itu sapi juga membantu pak tani untuk membajak sawah. Karena itu pak tani biasa memelihara sapi di desa. Setelah belajar tentang sapi dan manfaatnya bagi manusia, kamipun membuat tiruan peternakan dari bahan sterofoam. Pertama-tama siapkan siapkan sterofoam yang diberi cat hijau di bagian atas sebagai tanah peternakannnya. Lalu tancapkan tusuk gigi di sekelilingnya menjadi  pagar peternakan. Kalau sudah kita beri gambar sapi-sapi di peternakan. Oh ya, jangan lupa gambar gembala sapinya juga ya. Sambil membuat peternakan, kamipun menyanyi lagu “Aku Ini Si Gembala Sapi”. Kami lalu bercerita tentang peternakan sapi masing-masing.  Kalau sudah besar nanti aku akan membuat peternakan sapi dan kubuat pabrik ice cream yang enak dari susu sapi, kata seorang temanku sambil bermain dengan peternakan sapinya. Nah itu tadi kegiatan kami membuat peternakan sapi, seru kan……..  Bagaimana dengan teman-teman, mau membuat peternakan sapi juga? 

boost the values reap the success