| |

Indonesiaku

Hari Jum’at 12 Desember 2014, merupakan hari yang special. Ruang kelas kami berubah menjadi lebih menarik, karena dipasang berbagai macam hiasan. Ibu guru juga memakai pakaian tradisional. Oooo.. ternyata hari ini ibu guru akan mengajak kami, siswa–siswi kelompok A TK Kristen Petra 10 untuk belajar tentang Indonesia. Kami belajar tentang budaya Indonesia, musik tradisional, dan juga makanan tradisional. Masing – masing ditunjukkan dalam satu ruang khusus yang diberi nama galeri budaya, galeri musik, tari tradisional, dan galeri kuliner tradisional. 

Pertama, Ibu guru mengajak kami melihat galeri budaya. Di ruangan itu, kami belajar banyak tentang budaya Indonesia. Kami belajar tentang pakaian daerah, kesenian daerah, dan permainan tradisional. Seru sekali lho… saat kami mencoba memainkan wayang, dakon, serta egrang dari batok kelapa. Selanjutnya kami menuju galeri musik dan tari tradisional. Di galeri ini, kami melihat video tentang anak – anak Indonesia menari tarian tradisional seperti tari merak. Terakhir kami diajak ke galeri kuliner tradisional. Di sini, kami melihat tayangan tentang beberapa contoh makanan tradisional dan cara membuatnya seperti klepon, dawet nagasari, dan serabi. Hmmmm…. Kelihatannya semua enak ya? Perut kami jadi terasa lapar. Kami sangat senang saat bu guru mengajak kami mencicipi beberapa makanan tradisional yang sudah disiapkan di atas meja. Ada bubur Madura, kue nagasari, getuk, kue lumpur, dan dawet. Ternyata Indonesia selain indah negerinya, juga kaya akan budaya lho… Kami bangga menjadi anak Indonesia!!!

pkk3.jpgpkk6.jpgpkk4.jpgpkk5.jpgpkk1.jpgpkk2.jpg

 

Cita-citaku

Hari Jumat, 25 April 2014 kami siswa kelompok B di Tk Kristen petra 10 mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter dan Kepribadian. Kali ini kami datang ke sekolah dengan penampilan yang berbeda sesuai dengan apa yang kami cita-citakan.

Ada yang memakai pakaian dokter, pembalap, polisi, pilot, penyanyi, pemadam kebakaran, koki, penari balet, pemain bola, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kami juga belajar untuk berani tampil di panggung dengan menceritakan tentang cita-cita kami. Setelah itu kami mulai bergaya di atas catwalk. Horee kami berhasil tampil dengan baik dan ada dari kami yang berhasil meraih juara lho..

cita_cita4.jpgcita_cita2.jpgcita_cita3.jpgcita_cita5.jpgcita_cita6.jpgcita_cita1.jpg

Nah mulai sekarang giatlah belajar agar dapat meraih cita-cita setinggi langit.

 

I Love My Family

Hai teman-teman ketemu lagi sama kami siswa-siswi TK Kristen Petra 10. Hari ini tanggal 13 Desember 2013 kami mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani bertemakan I Love My Family. Kami ingin mengucapkan terima kasih dan menunjukkan rasa sayang kami kepada keluarga kami khususnya oma dan opa yang sudah membantu merawat dan mendidik kami.

Kami semua bertugas untuk melayani oma dan opa yang datang, seperti menjadi penerima tamu, ada yang menjadi pembawa acara dan juga memimpin doa. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tampilan untuk oma dan opa yang datang seperti menari, menyanyi, puisi berantai, drama dan ada juga tampilan seorang teman kami yang menyanyikan lagu khusus untuk oma dan opa.

Setelah menyanyikan lagu itu kami memberikan sebuah foto untuk oma dan opa. Kami bangga dan senang sekali oma dan opa bisa datang dan melihat tampilan kami. Kami sayang oma dan opa!.

i_love_my_family_04.jpgi_love_my_family_02.jpgi_love_my_family_03.jpgi_love_my_family_05.jpgi_love_my_family_01.jpg

Aku Suka Melayani

Hello teman-teman,
Hari ini tanggal 22 November 2013 kami belajar Pendidikan Karakter Kristiani tentang melayani sesama. Ibu guru mengajak kami menonton sebuah film bersama. Dalam film itu kami belajar untuk menolong sesama. Sungguh menyenangkan bisa menolong dan melayani sesama.

Setelah kami menonton film kami melakukan aktivitas yang unik, kami belajar melayani teman kami. Awalnya, kami dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, kemudian tiap anak mempunyai tugas masing-masing, anak pertama sebagai pembagi alas makan, anak kedua pembagi piring, anak ketiga mengambil kue danmembagikannya, anak keempat merapikan tempat makan serta alas makan dan anak kelima mengelap meja.

Wahh...senangnya bisa saling melayani dan dilayani teman, apa kamu mau mencobanyaa?

aku_suka_melayani_02.jpgaku_suka_melayani_05.jpgaku_suka_melayani_03.jpgaku_suka_melayani_04.jpgaku_suka_melayani_01.jpg

tk_petra_10/pendidikan_karakter/2013/aku_suka_melayani

Saling Menolong

Hari Jumat, tanggal 23 Agustus kami anak-anak TK Kristen Petra 10 Kelompok A mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani. Pagi itu kami melihat drama yang diperankan oleh ibu guru kami, seru lhoo...

Drama itu menceritakan tentang seorang teman yang belajar tentang belas kasihan. Tidak hanya melihat drama saja, tetapi kami juga melihat video tentang indahnya berbagi dengan orang-orang yang perlu belas kasihan seperti: berbagi dengan pengemis, tukang becak dan anak jalanan.

Setelah melihat video itu, kami diberi tugas oleh ibu guru untuk membuat sebuah bingkai kecil. Caranya sangat mudah kami tinggal menempelkan karton pada pigura yang sudah ibu guru berikan. Pigura ini nantinya akan kami bawa pulang untuk diberi gambar atau foto anak yang sedang menolong atau memberi belas kasihan kepada yang membutuhkan.

Menyenangkan sekali belajar menolong orang lain.

saling_menolong_2.jpgsaling_menolong_1.jpgsaling_menolong_3.jpg

boost the values reap the success